Senin, 28 Juli 2014

JENIS - JENIS AC

Mungkin masih banyak yang tidak tahu jenis-jenis AC yang ada. Disini akan dibahas secara sederhana jenis-jenis AC secara umum yang sering kita dapati di perkantoran, apartemen, perumahan bahkan di hotel.

1. Split Wall 
Ini adalah jenis AC yang paling umum digunakan dirumah,kantor maupun berbagai instansi di indonesia. Ini disebabkan oleh beberapa faktor dari mulai gampangnya perawatan dan support.
AC ini terbagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Indoor (lihat gambar) adalah bagian yang mengeluarkan hawa dingin dan outdoor adalah bagaian atau tempat dimana mesin berada. Acapkali outdoor ditempatkan diluar ruangan karena mengeluarkan hawa yang panas dan kadang kala suaranya yang berisik.

2. AC Window
AC Window adalah AC yang berbentuk kotak dan dalam pengoperasiannya tidak menggunakan remote. Karena tombol kontrol sudah terintegrasi dengan AC ini. AC ini hanya terdiri dari satu bagian yaitu unit itu sendiri dan tidak ada intilah indoor dan outdoor AC.

AC ini sudah tidak diproduksi lagi karena dianggap sudah ketinggalan zaman dan karena tidak adanya unit outdoor yang membuat AC ini lebih praktis. Kapasitas AC ini mulai dari 0.5 PK sampai 2.5 PK. 

3. AC Standing Floor
AC Standding Floor adalah AC yang unit Indoornya berdiri dan mudah dipindahkan. Karena kepraktisannya ini, AC ini sering digunakan dalam acara-acara seperti acara ulang tahun, perkawinan, hajatan dan acara lainnya.

4. AC Cassete
Jenis AC Cassete ini indoornya menempel di atas plafon. Jenis AC Cassete ada dalam beberapa ukuran PK mulai dari 1.5 PK sampai dengan 6 PK.

Cara pemasangan AC ini memerlukan keahlian khusus dan tenaga extra, tidak seperti memasang AC rumah atau AC Split, yang bisa dipasang sendirian.

5. AC Split Duct / Central
AC Split Duct merupakan AC yang pendistribusian hawa dinginnya menggunakan sistem Ducting. Ini artinya AC Split Duct tidak memiliki pengatur suhu sendiri-sendiri melainkan dikontrol pada satu titik. Tipe AC seperti ini biasanya digunakan di mall atau gedung-gedung yang memiliki ruangan luas.

AC Split Duct tidak pernah terlepas dari sistem Ducting yang merupakan bagian penting dalam sistem AC sebagai alat penghantar yang telah dikondisikan dari sumber dingin atau pun panas ke ruang yang akan dikondisikan. Perkembangan desain Ducting untuk AC hingga saat ini sangat dipengaruhi oleh tuntutan efisiensi, terutama efisiensi energi, material, pemakaian ruang dan perawatan.


Silahkan klik G+1 pada pojok kiri atas jika artikel ini bermanfaat. Thanks

1 komentar: